LAZ As Salaam Jayapura Salurkan Donasi Kemanusiaan pada Korban Gempa, Tsunami dan Likuifaksi

PALU. Gempa, tsunami, dan likuifaksi yang terjadi (28/9/2018) 7,7 skala Richter yang terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah, pada pukul 17.02 WITA menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Sabtu (20/10/2018) mengakibatkan 2.113 orang meninggal dunia, 4.612 orang luka-luka, 223.751 orang mengungsi tersebar di Kota Palu, Sigi, Donggala, Parigi Moutong, dan Pasangkayu.

Pemerintah memberlakukan masa tanggap darurat gempa dan tsunami Palu hingga 26 Oktober 2018. Percepatan pemulihan dampak bencana juga terus dintensifkan, khususnya pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi, pelayanan medis, perbaikan infrastruktur dasar, dan normalisasi kehidupan masyarakat. Duka mendalam bagi bangsa Indonesia atas musibah gempa, tsunami, dan likuifaksi tepat setelah terjadi gempa di NTB yang kondisinya belum pulih pasca gempa.

Masyarakat Papua yang berada di ujung timur negeri turut merasakan kesedihan atas musibah yang terjadi. Gerakan kepedulian mengumpulkan dan menyalurkan bantuan dilakukan oleh masyarakat untuk meringankan beban derita korban. Termasuk diantaranya LAZ As Salaam Jayapura, sejak awal terjadinya gempa, tsunami, dan likuifaksi telah menggalang bantuan dan menyalurkannya kepada korban.

Senin (19/11), LAZ As Salaam Jayapura mengirim tim yang beranggotakan 3 orang terdiri dari Direktur, Manajer Penghimpunan, dan seorang Relawan. Direktur LAZ As Salaam Jayapura memimpin langsung Ekspedisi Kemanusiaan Peduli Palu, Sigi dan Donggala. Tim yang dikirim bertugas untuk mengawal dan menyalurkan donasi dari masyarakat Papua berupa bahan makanan (Bama), Hunian Sementara (Huntara), Masjid Sementara (Mastara), dan Sekolah Sementara (Setara).

Tim Kemanusiaan LAZ As Salaam Jayapura berkoordinasi pada pihak-pihak terkait termasuk Pemerintah Daerah terkait penyaluran bantuan. Kegaiatan penyaluran bantuan diawali dengan peresmian Masjid Sementara (Mastara) Al Istiqomah pada pukul 11.00 WITA oleh Direktur LAZ As Salaam Jayapura bertempat di Desa Nupabomba Dusun 5 Kebun Kopi Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala. Pada pukul 14.00 WITA dilanjutkan penyaluran 100 paket Bahan Makanan (Bama) bertempat dirumah warga di Kota Palu.

Sore pukul 16.30 WITA, Tim Kemanusiaan LAZ As Salaam Jayapura diterima oleh Wakil Wali Kota Palu Bapak Sigit Purnomo Syamsuddin Said (Pasha Ungu) di Rumah Jabatan (Runjab) membicaran terkait dengan penanganan pasca gempa, tsunami, dan likuifaksi yang terjadi di Kota Palu.

Dalam diskusi santai penuh keakraban, Wakil Walikota Palu menceritakan kondisi Palu sesaat setelah gempa, tsunami dan likuifaksi yang membuat seisi kota Palu lumpuh total dalam beberapa hari. Aparatur Pemerintah yang juga menjadi korban gempa sehingga belum bisa berbuat banyak, padahal mereka menyadari bahwa mereka menjadi tumpuan Harapan dari rakyat kota Palu yang butuh pertolongan. Pemerintah telah berusaha sekuat tenaga untuk membangun kembali kota Palu. Korban yang membutuhkan Huntara sekitar 9.000 sampai 10.000 KK sehingga pemerintah kota Palu membutuhkan 500 hektar lahan. Pemerintah juga sedang menyusun Perda terkait jarak pemukiman berjarak 300 meter dari bibir pantai.

Direktur LAZ As Salaam Jayapura Mohamad Huri, S.KM., M.Kes menyampaikan keprihatinan masyarakat Papua atas musibah yang di alami masyarakat Palu, Sigi dan Donggala di Sulawesi Tengah. LAZ As Salaam Jayapura akan bersinergi bersama pemerintah untuk misi Kemanusiaan Palu Bangkit melalui pemenuhan logistik, pembamgunan Huntara, tempat ibadah, dan sekolah.

Diskusi diakhiri dengan penyerahan papan nama Sekolah TK Aisiyah Palu dari Direktur LAZ As Salaam Jayapura kepada Wakil Walikota Palu sebagai tanda dimulainya pembangunan Sekolah Sementara (Setara). Wakil Walikota Palu atas nama Pemerintah Kota Palu mengucapkan terima kasih atas sinergi LAZ As Salaam Jayapura dan masyarakat Papua dalam membantu Palu. Bersama kita kuat mewujudkan Palu bangkit.

Dihari yang sama siang pukul dan menyalurkan 100 paket bahan makanan di Kota Palu. (Yos)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*