LAZ AS Salaam Jayapura Bangun Masjid Di Lombok Utama

Laz Assalaam Bangun Masjid

KAYANGAN LOMBOK UTARA. Komitmen LAZ As Salaam Jayapura dalam agenda bersama Forum Zakat (FOZ) untuk Bangun Kembali Lombok tahap demi tahap terealisasi. Setelah membangun 19 unit Huntara (Hunian Sementara) di kabupaten Lombok Barat dan Lombok Timur, kini bergerak ke pembangunan Mastara (Masjid Sementara) sebagai sarana ibadah masyarakat di Lombok Utara.

Masjid Nurul Istiqomah Desa Selengen Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara adalah satu dari sekian banyak masjid di Lombok yang hancur akibat gempa 7,0 SR pada 5 Agustus 2018 lalu dan ratusan gempa susulan lainnya. Masjid Nurul Istiqomah tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya masjid seperti dulu sebelum terjadinya gempa. Kondisinya memperihatinkan, bahkankan masyarakat tidak lagi menggunakannya karena hancur tak dapat lagi digunakan untuk sholat dan kegiatan keagamaan lainnya.

Atas inisiatif dan partisipatif LAZ As Salaam Jayapura, Rumah Qur’an, warga dan relawan yang bertugas ditempat gempa, pada 19 September 2018 dimulailah perencanaan pembangunan kembali Masjid Nurul Istiqomah. Masjid yang dibangun berangka baja ringan tersebut, akhirnya selesai pembangunannya pada 26 September 2018.

Dengan telah selesainya pembangunan Masjid Nurul Istiqomah, masyarakat kembali dapat menunaikan ibadah sehari-hari di masjid tersebut. Dan untuk pertama kalinya pasca gempa Jum’at 28 September 2018, sekitar 200 masyarakat melaksanakan sholat jum’at berjamaah di masjid seperti sediakala meski dengan bentuk bangunan dan suasana yang berbeda.

“Bangun kembali Lombok pasca gempa adalah komitmen LAZ As Salaam Jayapura dan lembaga lainnya dalam berbagai sektor seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi hingga fasilitas dan sarana umum berupa tempat ibadah. Setelah lalu kita penyaluran bahan pokok dan pembangunan Huntara (Hunian Sementara), kini kami bergerak membangun Sarana Ibadah yaitu Mastara (Masjid Sementara) ungkap Mohamad Huri, S.KM. M.Kes Direktur LAZ As Salaam Jayapura.

Selanjutnya Mohamad Huri mengatakan bahwa berikutnya di Desa Selengen Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara juga akan di bangun Setara (Sekolah Sementara) SD 2 Kayangan. Kami ucapkan terima kasih kepada Rumah Qur’an Papua, Sahabat Peduli Lombok, dan donatur lainnya atas donasi dan kerjasamanya.

Masyarakat setempat sangat senang di desanya dibangun masjid yang saat ini sudah dapat dirasakan manfaatnya. Masyarakat dan pihak sekolah sangat senang dan menyambut baik akan dibangunnya Setara (Sekolah Sementara) oleh LAZ As Salaam Jayapura. (Dyah Ayu)

1 Comment

Join the discussion and tell us your opinion.

  1. Huri

    Subhanalloh.
    Semoga Allah menerima seluruh amal kita.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*